Senin, 05 Februari 2018

Suspensi Jenis Macpherson dan Double Wishbon


Suspensi, keberadaannya sangat dibutuhkan untuk kenyamanan penumpang. Ada beberapa jenis suspensi yang digunakan dalam konstruksi kendaraan ringan, sebut saja mobil. Dua di antaranya adalah yang akan kita bahas berikut.

Mengapa hanya dua jenis ini yang akan kita bahas? Jawabnya simple, karena saya hanya ingin menguraikan dua jenis tersebut. Hehehe... Alasan berikutnya adalah jenis ini pernah keluar di soal UTN (Ujian Tulis Nasional) atau UKG (Uji Kompetensi Guru) kususnya guru Teknik Kendaraan Ringan.

Suspensi Jenis Macpherson 
Suspensi ini banyak digunakan pada sistem suspensi model bebas untuk roda depan mobil ukuran kecil dan sedang. Tipe ini juga digunakan pada roda belakang mobil tipe FF (front engine, front wheel drive), bahasa kitanya mobil penggerak depan.

suspensi tipe macpherson, jenis- jenis suspensi, soal utn, soal ukg, soal chasis
Suspensi Tipe Macpherson

Karakteristik suspensi jenis Macpherson :
  • Konstruksi relatif sederhana
  • Komponennya lebih sedikit dan ringan
  • Karena komponennya sedikit, maka ruang mesin dapat ditambah. Maksutnya memberi ruang lebih luas untuk mesin.
  • Jarak antara titik penyangga suspensi besar, sehingga sedikit pengaruhnya pada front wheel alignment.
Suspensi Jenis Double Wishbon
Tipe suspensi ini banyak digunakan pada suspensi depan truk kecil dan untuk roda depan dan belakang mobil - mobil penumpang.

Karakteristik:
Geometri letak arm panjang, posisi dan sudut- sudut arm akan menentukan bagian- bagian roda bila membelok atau melalui tonjolan. 

Pada soal UTN atau UKG yang ditanyakan adalah gambar suspensinya, termasuk jenis yang mana. Sebenarnya sangat mudah mengingat tipe Double Wishbon ini. Perhatikan tanda lingkaran warna merah gambar di bawah. Ada dua arm, yaitu upper dan lower.

suspensi tipe double wishbon, soal ukg suspensi, soal ukg chasis, soal ukg 2017, soal ukg 2018
Suspensi Tipe Double Wishbon


0 komentar:

Posting Komentar