Untuk membantu memahami mekanisme ini, perhatikan gambar di bawan ini.
Katub masuk (intake valve) mulai membuka 6 derajat sebelum TDC (Top Dead Center), dan menutup pada 40 derajat setelah BDC (Bottom Dead Center) selanjutnya mulai langkah kompresi.
Katup keluar (exhaust valve) mulai membuka 31 derajat sebelum BDC (Bottom Dead Center), dan menutup 9 derajat setelah TDC (Top Dead Center).
Saat membuka dan menutupnya katup ini disebut dengan saat kerja katub (valve timing).
Menjelang akhir langkah buang, kedua katup (intake dan exhaust) membuka bersamaan. Keadaan seperti ini disebut katup overlap. Pada umumnya overlap yang lebih besar menghasilkan kemampuan kecepatan tinggi yang lebih baik, tetapi iddling kurang stabil.
mekanisme kerja katup, cara kerja katup, cara kerja katup mesin bensin 4 langkah, mekanisme kerja katup mesin bensin 4 langkah
1 komentar:
ini mesin mobil apa ya
Posting Komentar