Rabu, 23 Maret 2011

Setting IP Addres pada Windows XP untuk Keperluan Sharing File or Printer


Penggunaan teknologi Wifi untuk berbagi file atau sharing printer saat ini sudah sering dimanfaatkan. Namun tidak sedikit di antara kita yang masih mengalami kesulitan dalam pengaturan IP Address. Tulisan ini akan menyajikan langkah- langkah pengaturan IP Address pada Windows XP agar pada saat digunakan sebagai sarana sharing file or printer dengan segera bisa diubah untuk akses internet dengan Acces Point.
Koneksi antar beberapa Laptop saat ini sangat diperlukan, lebih- lebih pada saat bekerja bersama namun hanya ada satu printer. Sedangkan kita sering mencetak dokumen, atau berbagi file antar Laptop. Salah satu cara yang sangat mudah dilakukan adalah dengan koneksi computer to computer atau laptop to laptop (peer to peer).
Dalam tulisan ini akan dibahas bagaimana mengatur IP Address agar bisa digunakan untuk koneksi peer to peer dan koneksi dengan Access Point. Khusus untuk pengaturan peer to peer akan diasumsikan tidak ada Laptop yang terinstall DHCP Server (perangkat lunak yang bertugas meminjamkan alamat IP atau IP Address). Kalau Acess Point bisaanya sudah ada DHCP Server, sehingga kita tidak perlu mengatur IP Address.
langkah- langkah pengaturan Alamat IP untuk koneksi peer to peer dapat didownload di sini.

0 komentar:

Posting Komentar