Rabu, 11 Agustus 2010

Menonaktifkan Settingan Autoplay pada Windust XP



-->
Pernahkah Laptop atau Komputer Anda tertular virus, padahal baru saja Anda menancapkan USB Flashdisk? Anda belum sempat utak atik flashdisk tersebut?
Secara konsep, suatu program aplikasi computer tidak akan berjalan dengan sendirinya jika tidak dipicu. Pemicu ini bisa bermacam- macam, diantaranya adalah di-Klik. Selain itu ada juga program yang digabung dengan program lain, misalnya aplikasi virus yang digabungkan dengan program game. Sehingga apabila kita menjalankan program Game maka virus tersebut juga secara otomatis ikut berjalan meski mode-nya tersembinyi.
Apa hubungannya hal- hal di atas dengan Autoplay yang ada pada Windust (khususnya XP)? Anda tentu merasa dimanjakan dengan fasilitas tersebut, misalnya Anda menancapkan USB Flashdisk ke computer atau laptop. Sesaat kemudian muncul jendela yang di dalamnya terdapat beberapa pilihan, di antaranya : open folder, play, dan sebagainya). Bayangkan jika ada virus yang ngumpet di USB Fkashdisk Anda, sudah tentu dia akan menginstalkan dirinya ke dalam computer Anda (biasanya ngumpet di registry atau system 32).
Tulisan ini akan membantu Anda menyeting/ menonaktifkan Autoplay tersebut. Apakah dengan mode Autoplay yang off ini akan menjamin computer tidak tertular virus? Tidak juga sih, karena virus dapat menyerang lewat media- media yang lain. Namun setidaknya dapat mengurangi risiko serangan virus dari USB Flashdisk maupun CD/ DVD.
Langkah- langkahnya adalah sebagai berikut:
1) Klik Start à Run
2) Ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda petik).
3) Klik User Configuration à Masuk ke Administrative Template
4) Masuk ke System
5) Cari kalimat “Turn off autoplay” (tanpa tanda petik).
6) Klik 2X
7) Pilih Enable Klik Apply à OK
8) Restart computer atau laptop Anda.
Demikian tulisan singkat kali ini, banyak kekurangannya mohon maaf. Kritik, saran, cacian, dan makian silahkan kirim melalui email : benhuck5@gmail.com. Tutorial tentang langkah- langkah seting Autoplay ini dapat Anda download di www.benykurniawan.uni.cc. tutorialnya dapat didownload di sini.
Thank’s to : Alloh SWT, Rosululloh SAW, Ortuku, Adik2ku, Guru2ku, Laptopku, Rekan2ku, dan pihak2 yang telah banyak membantu.

0 komentar:

Posting Komentar